Teknologi Informasi & Multimedia

Untuk lebih memantapkan pemahaman tentang Kuliah Teknologi Informasi & Multimedia mahasiswa diberikan sebuah projec untuk mengaplikasikan teknologi Internet (website) sebagai sarana komunikasi, interaksi, publikasi dan advertensi.

Petunjuk praktikum

MODUL PRAKTIKUM TEKNOLOGI INFORMASI DAN MULTIMEDIA CONTENT MANAGEMENT SYSTEM AND INTERNET APLICATION
Aturan Pelaksanaan :

1. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa grup praktikum
2. Masing-masing grup terdiri dari beberapa kelompok praktikum
3. Masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang yang dikoordinatori oleh ketua kelompok.
4. Pembagian jam praktikum di laboratorium komputer berdasarkan jumlah peserta praktikum dan maksimal untuk 6 kelompol untuk 1 grup praktikum
5. Pelaksanaan  Praktikum dibagi menjadi beberapa aktivitas praktikum

AKTIVITAS 1

Tujuan :
Tujuan Instruksional Umum :
Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teknologi Internet (website) sebagai sarana komunikasi, interaksi, publikasi dan advertensi
Tujuan Instruksional Khusus :
Mahasiswa mampu mengenal teknologi internet

Bahan dan Alat

1. Jaringan Internet
2. Komputer
3. Audio Headset
4. Printer
5. Software :
a. Browser : Internet Explorer, Mozilla Firefox
b. PDF Reader : Adobe PDF Reader, Foxit Reader
c. Text editing : Notepad
6. Sumber acuan : internet,

Metode

a. Browser :
i. Mengenal Jendela Browser : Internet Explorer dan Mozilla Firefox
ii. Kostumasi Jendela Browser: Internet Explorer dan Mozilla Firefox
iii. Mengkonfigurasi Jendela Browser (Internet Explorer dan Mozilla Firefox) dengan jaringan lokal dan jaringan langsung
b. Browsing:
i. Terminologi dalam internet
ii. Fasilitas Internet
iii. Terminologi Search Engine
iv. Search Engine tip dan tri

AKTIVITAS 2

Tujuan :
Tujuan Instruksional Umum :
Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teknologi Internet (website) sebagai sarana komunikasi, interaksi, publikasi dan advertensi
Tujuan Instruksional Khusus :
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kegunaan teknologi internet

Bahan dan Alat

1. Jaringan Internet
2. Komputer
3. Audio Headset
4. Printer
5. Software :
a. Browser : Internet Explorer, Mozilla Firefox
b. PDF Reader : Adobe PDF Reader, Foxit Reader
c. Text editing : Notepad, MS Word, MS Powerpoint
6. Sumber acuan : internet,

Metode

a. Pengenalan perangkat internet resource
i. PDF : PDF Reader, PDF Creator, HTML Language, PHP Language, ASP Language, dll
ii. Website creator : MS Frontpage, Antena, Notepad (text editor), Draemweaver, dll
iii. FTP : Filezilla, Donwload Accelerator, dll
b. Browsing:
i. Identifikasi jenis dan design website melalui aktivitas browsing
ii. Mengelompokkan jenis dan design website berdasarkan kegunaan
iii. Merencanakan project website berdasarkan kategori website melalui kertas kerja
This entry was posted in lecture and tagged , , , , . Bookmark the permalink.