Hari Prabowo

Analisis Sikap Konsumen Teh Botol Sosro Berdasarkan Atribut-atribut Produk (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang)

Hari  Prabowo* Abdul Wahib Muhaimin** Rosihan  Asmara**

Pada era globalisasi  sekarang  ini, banyak produk baru yang bermunculan di Indonesia. Munculnya berbagai jenis produk minuman menjadikan persaingan pasar  semakin  ketat.  Dari  satu  jenis  produk  minuman telah  ada  banyak merek yang mendominasi produk  tersebut. Produk minuman  tersebut  telah dimodifikasi
dengan  kemasan,  rasa  dan  harga  yang  bervariasi.  Produk  minuman  teh  dalam kemasan  botol  yang paling  dikenl  oleh  masyarakat  adalah  Teh  Botol  Sosro. Melihat  kondisi  demikian,  mengetahui keinginan  dan  kebutuhan  konsumen merupakan salah satu jalan untuk memahami sikap konsumen.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  mengidentifikasi  karakteristik  konsumen produk  Teh  Botol  Sosro, menganalisis  atribut-atribut  yang  dipertimbangkan konsumen  dalam membeli  Teh Botol  Sosro, menganalisis  sikap  konsumen  Teh Botol  Sosro.  Diharapkan  dengan  mempelajari  perilaku  konsumen khususnya tentang  sikap  konsumen  dalam mengkonsumsi  Teh Botol  sosro  dapat  dijadikan acuan untuk menentukan rencana pemasaran seperti strategi dan taktik pemasaran produk Teh Botol Sosro.   Penelitian ini  dilakukan  di  Fakultas  Pertanian  Universitas  Brawijaya Malang dengan mengambil obyek penelitian dari mahasiswa program S1 cJurusan Sosial  ekonomi  Pertanian.

Penelitian  ini  dilakukan  secara  sengaja  (purposive). Pengambilan  sampel  dilakukan  dengan  metode Accidental  Sampling  yang merupakan  teknik  pengambilan  sampling  secara  Non  Probability.  Penentuan sample diperoleh dengan mengalikan 4 dari jumlah atribut. Metode pengumpulan data menggunakan  jenis data:  data  primer  dan  sekunder.  Teknik  pengumpulan data  menggunakan  wawancara  dan  studi pustaka.  Metode  analisis  terdiri  dari Analisis  Deskriptif,  Uji  Cochran,  Uji  Validitas  dan  Reliabilitas, dan  Analisis Sikap Fisbhein.

Hasil  yang  dperoleh  adalah  identifikasi  responden  mendapatkan  hasil, bahwa mahasiswa  yang mengkonsumsi  Teh  Botol  Sosro  sebagian  besar  adalah perempuan (35 orang) dan yang memiliki usia 21-22 tahun. Berdasarkan program studi,  agribisnis  merupakan  konsumen  yang  lebih  banyak mengkonsumsi  Teh Botol  Sosro  dan  kebanyakan  mereka  berasal  dari  angkaan  2005  –  2006.  Jika dilihat dari uang saku mereka per bulan, maka rata-rata mahasiswa memiliki uang saku  Rp.  300.000,00  –  Rp.  500.000,00  dan  mereka  mengkonsumsi  Teh  Botol Sosro  rata-rata  <  5  botol  tiap  minggunya. Dari 15  atribut  tersebut,  setelah dilakukan  uji  Cochran  maka  diperoleh  6  atribut  yang  benar-benar dipertimbangkan  konsumen  untuk mengkonsumsi  Teh Botol  Sosro,  diantaranya adalah: dari variabel merek diperoleh atribut image; dari variabel mutu diperoleh atribut  ketersediaan  produk  dan  nama  baik perusahaan;  dari  variabel  sifat diperoleh atribut rasa; dari variabel kemasan diperoleh atribut aman; dari variabel label diperoleh atribut informasi produk. Uji Cochran ini dilakukan sampai 10 kali uji.  Berdasarkan keyakinan  dan  evaluasi  oleh  responden  maka  diperoleh  hasil sikap  mahasiswa  S1  Fakultas  Pertanian Jurusan  Sosial  ekonomi  Pertanian Universitas Brawijaya lebih banyak yang netral terhadap Teh botol Sosro yaitu 29 orang (48,33 persen).

Saran yang dapat diberikan, bahwa dengan mengetahui karakteristik dari kosumen  Teh  Botol  Sosro  maka diharapkan  dapat  mempermudah  perusahaan untuk  memasarkan  produk  Teh  Botol  Sosro.  Berdasarkan atribut-atribut  yang telah  dipertimbangkan  oleh  konsumen maka  diharapkan  perusahaan  dapat  lebih memperhatikan  kualitas  dari  atribut-atribut  tersebut. Diliat  dari  sikap  konsumen Teh Botol Sosro yang cenderung netral maka perusahaan harus mempelajari  lagi sikap konsumen agar sikap dari konsumen dapat lebih positif terhadap Teh Botol Sosro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>