Citra Anggar Dewi

Dampak Cukai Rokok Terhadap Ekonomi Tembakau Indonesia

Citra Anggar Dewi* Syafrial** Rosihan Asmara**

Tembakau merupakan salah satu komoditi pertanian yang mempunyai nilai strategis baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Dari sisi ekonomi, tembakau selain sebagai sumber pemasukan negara melalui perolehan devisa dan cukai, juga sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat. Perolehan devisa dari ekspor tembakau pada tahun 2001 menurut Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tembakau mencapai US $ 50 juta sedang cukai tembakau mencapai Rp.21 triliun.  Pencapaian ekspor tembakau ini sangat bergantung pada harga tembakau internasional yang umumnya berfluktuasi sesuai dengan penawaran dan permintaan produksi dunia. Dari sisi sosial pengusahaan tembakau mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar sehingga dapat mendukung kesejahteraan masyarakat. Selama 10 tahun terakhir, cukai menjadi salah satu sumber penerimaan negara, yaitu sekitar 5 persen pertahun. Kenaikan secara terus-menerus penerimaan cukai terutama adalah diakibatkan oleh pertumbuhan industri rokok yang sangat pesat di Indonesia, dimana Indonesia merupakan negara produsen rokok terbesar kedua setelah Cina.
Permasalahan penelitian ini adalah: (1)Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan, produksi, harga tembakau domestik, dan ekspor tembakau Indonesia. (2)Bagaimana dampak cukai rokok terhadap permintaan, produksi, harga tembakau domestik, dan ekspor tembakau Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah: (1)Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, produksi, harga domestik, dan ekspor  tembakau Indonesia. (2)Menganalisis dampak cukai rokok permintaan, produksi, harga domestik, dan ekspor  tembakau Indonesia.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian adalah: (1)Diduga faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan tembakau Indonesia: harga tembakau domestik, pendapatan masyarakat, cukai rokok, harga cengkeh, dan permintaan tembakau pada tahun sebelumnya. Diduga faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi tembakau Indonesia adalah: harga pupuk, produktivitas, luas areal tanam, harga tembakau domestik, dan produksi tembakau tahun sebelumnya. Diduga faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga tembakau domestik adalah: permintaan tembakau, nilai tukar, harga tembakau dunia, produksi tembakau, dan harga tembakau pada tahun sebelumnya. Diduga faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ekspor tembakau Indonesia adalah: permintaan tembakau, nilai tukar, harga tembakau dunia, dan ekspor tembakau tahun sebelumnya.  (2)Diduga perubahan cukai rokok akan berpengaruh terhadap permintaan, produksi, harga domestik, dan ekspor  tembakau Indonesia. Diduga perubahan cukai rokok akan berdampak terhadap permintaan, produksi, harga domestik, dan ekspor tembakau Indonesia. Peningkatan cukai rokok berdampak terhadap peningkatan ekspor tembakau Indonesia, serta berdampak terhadap penurunan  permintaan, harga domestik, dan produksi tembakau. Penurunan cukai rokok berdampak terhadap peningkatan permintaan, harga domestik, dan produksi tembakau, serta berdampak terhadap penurunan ekspor tembakau Indonesia.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data deret waktu (time series)  tahun 1983 sampai 2005, data diambil dari beberapa instansi yaitu Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Badan Pusat Statistik, Food And Agriculture (FAO), dan instansi lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Model yang digunakan adalah model persamaan simultan dan dianalisis dengan metode 2SLS. Dalam penelitian ini dilakukan uji stationer, uji F hitung, uji t, koefisien determinasi (R2), validasi model, dan analisis simulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan tembakau  Indonesia secara nyata dan positif adalah: pendapatan masyarakat. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan tembakau  Indonesia secara nyata dan negatif adalah:  harga tembakau domestik dan cukai rokok. Sedangkan harga cengkeh dan permintaan tembakau domestik tahun sebelumnya tidak berpengaruh secara nyata. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi tembakau Indonesia secara nyata dan positif adalah: produktivitas, luas areal tanam, dan harga tembakau domestik. Sedangkan harga pupuk dan produksi tembakau tahun sebelumnya tidak berpengaruh secara nyata. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga tembakau domestik secara nyata dan positif adalah: nilai tukar, harga dunia tembakau, produksi tembakau Indonesia, dan harga tembakau tahun sebelumnya.  Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga tembakau  domestik secara nyata dan negatif adalah:  permintaan tembakau. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ekspor tembakau secara nyata dan positif adalah: nilai tukar dan harga tembakau dunia. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ekspor tembakau Indonesia secara nyata dan negatif adalah permintaan tembakau sedangkan ekspor tembakau tahun sebelumnya berpengaruh secara tidak nyata.
Hasil simulasi menunjukkan: (1)Peningkatan cukai rokok 10 persen berdampak terhadap penurunan permintaan tembakau Indonesia yaitu sebesar 136130 ton atau 66,28 persen. Penurunan cukai 10 persen berdampak terhadap peningkatan permintaan sebesar 10,10 persen atau sebesar 2735 ton. (2)peningkatan cukai rokok 10 persen berdampak terhadap penurunan produksi tembakau Indonesia yaitu sebesar 1785 ton atau 1,44 persen. Penurunan cukai rokok 10 persen berdampak terhadap penurunan produksi sebesar 0,7 persen atau sebesar 953 ton. (3)Peningkatan cukai rokok 10 persen berdampak terhadap penurunan harga tembakau domestik yaitu sebesar Rp.1917627/ton  atau 16,44 persen. Penurunan cukai rokok 10 persen berdampak terhadap peningkatan harga tembakau domestik  sebesar Rp.6786343/ton atau 36,78 persen. (4)Peningkatan cukai rokok 10 persen berdampak terhadap peningkatan ekspor tembakau Indonesia yaitu sebesar 8500 ton atau 48,09 persen. Penurunan cukai rokok 10 persen berdampak terhadap penurunan ekspor tembakau Indonesia sebesar 2,60 persen atau sebesar  239 ton.

One Response to Citra Anggar Dewi

  1. Adi says:

    Permisi, bolehkah saya meminta file anda ini (softcopy terserah format apa), soalnya saya sekarang sedang mengerjakan skripsi dengan tema cukai rokok dengan metode Sistem Dinamik..,saya ingin lebih mengerti lebih jelas tentang penggunaan metode 2SLS. dengan itu saya harap saya bisa membaca fulltext dari file tersebut…terima kasih..

    tolong balas ke email saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>