Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi menganalisis setiap gerakan dan perubahan yang terjadi dalam keseluruhan ekonomi, misalnya kecenderungan (trend) dalam harga, hasil produksi, pengangguran dan perdagangan luar negeri (samuelson). Oleh karena itu beberapa orang mempelajari ilmu ekonomi dengan motif yang bermacam-macam. Disatu sisi orang berharap untuk mendapatkan keuntungan finansial dari aktivitas yang terjadi di dalam perilaku ekonomi, dilain pihak orang menganggap perilaku ekonomi merupakan hambatan kemajuan kesejahteraan akibat perilaku ekonomi yang spekulatif. Tidak dipungkiri juga orang mempelajari ilmu ekonomi untuk mempermudah memperoleh uang.

Bagian Ilmu ekonomi yang mepelajari bagaimana households dan firms membuat keputusan serta bagaimana mereka berinteraksi dengan pasar merupakan domain dari ekonomi mikro, sedangkan yang mempelajari fenomena ekonomi secara luas, termasuk inflasi, pengangguran dan pertumbuhan merupakan domain dari ekonomi makro.

Pada bagian ini mahasiswa akan diarahkan untuk mempelajari tentang households dan firms untuk membekali mereka dalam kompetensi ilmu ekonomi. Mahasiswa akan mempelajari tentang: konsep maksimisasi dan minimisasi, teori permintaan, teori produksi, teori biaya produksi., penentuan  harga  pada  pasar  produk  dan  pasar  faktor,  teori  keseimbangan  umum  dan ekonomi kesejahteraan, barang publik, Eksternalitas.

Matakuliah Ekonomi Mikro (kode PTE4102) mempunyai bobot 3 sks dapat dipelajari mulai semester pertama (semester I) untuk konsentrasi program studi Agribisnis

Materi kuliah yang dapat didownload :

  1. Pendahuluan
  2. Interdependence & Gains from Trade
  3. Permintaan dan Perilaku Konsumen
  4. The Market Forces of Supply and Demand
  5. Elastisitas
  6. Supply, Demand dan kebijakan pemerintah
  7. Konsumen, Produsen dan Efisiensi Pasar
  8. Aplikasi: Pajak dan Perdagangan Internasional
  9. Externalities, Public Goods and Common Resources
  10. Perusahaan dalam Pasar Persaingan Sempurna
  11. Monopoly & Oligopoly
  12. Pasar Faktor Produksi
  13. Income Inequality and Poverty

Beberapa materi ilmu ekonomi mikro yang dapat diakses diberikan kepada mahasiswa untuk lebih memperdalam pemahaman dan kegunaan serta penerapannya dalam kondisi riil.

  1. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>